Senin, 14 Agustus 2017

JENIS - JENIS BUAH PISANG YANG ADA DI INCONESIA

ASSALAMUALIKUM WR.WB
  pada kesempatan kali ini saya mau memberikan informasi mengenai jenis - jenis pisang yang ada di negara kita yang sama - sama kita cintai ini dimana lagi klok tidak di indonesia. di simak yaaa..






Jenis-jenis pisang


1. Pisang Raja

Pisang raja jika diperhatikan dengan jelas, pisang ini mempunyai ciri-ciri buah yang menjuntai ke langit. sedangkan ciri kulit pisang raja tergolong cukup tebal dan sedikit rada kasar. Buah pisang raja akan berubah warna menjadi kuning keemasan ketika buah sudah mulai matang.
Bau harus tersebut merupakan salah satu keunggulan yang terdapat pada pisang rasa. Bau yang menyengat sedap tersebut tidak ditemukan pada jenis pisang lain, melainkan pisang raja itu sendiri. Bahkan tidak hanya itu, keunggulan lain yang dimiliki pisang raja ini adalah ukurannya sempurna.
Pisang yang diolah menjadi makanan camilan tersebut harus pisang yang masih hijau (muda). Karena, akan lebih nikmat dibandingkan dengan buah yang sudah kuning keemasan (matang).


2. Pisang Barangan
 Bentuk dan ciri dari pisang barangan ini adalah pisang barangan mempunyai tekstur buah yang tegak lurus dan panjan dan diperkirakan panjang buah pisang barangan tersebut mencapai 11 cm dengan diameter 30 mm. tidak hanya  manis saja, dapat dipastikan bahwa pisang barangan tidak menyimpan biji. Pisang ini cenderung menjadi makanan istimewa di dalam sebuah acara acara pesta pernikahan.
Pisang barangan mengandung gizi yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram pisang barangan     menyimpan 110 kal energi, 25,8 gr karbohidrat, 1,2 gr protein dan 3 gr vitamin


3. Pisang Mas

Pisang mas merupakan nama tren yang sudah dikenal banyak orang pada umumnya. Selain namanya yang unik, pisang ini juga mempunyai warna yang tak kalah unik dibandingkan namanya yaitu kuning keemasan.Perubahan warna hijau ke kuning setelah pisang sudah mulai berusia kurang lebih tiga bulan matang.
Selain nama dan warnanya yang unik, pisang mas tersebut mempunyai tekstur buah cukup padat. Ketika jenis pisang mas ini mulai matang dan menguning, pisang akan menimbulkan aroma yang membuat perut lapar. Adapaun karakter buah pisang mas adalah tekstur buah tidak terlalu besar
Menurut orang-orang Indonesia, biasanya pisang mas tersebut lebih tepat jika menjadi makanan penutup di sebuah acara pernikahan. Selain menjadi makanan pencuci mulut pisang mas juga baik dikonsumsi untuk anak-anak guna untuk memperlancar pencernaan anak.


4. Pisang Ambon Lumut

Masuk kepada pembahasan yang ke empat pisang ambon. Bentuk pisang ambon ini mempunyai tiga jenis diantaranya pisang ambon lumut, pisang ambon putih dan pisang ambon kuning.
Adapun karakter dari pisang ambon lumut yaitu buahnya yang lurus dan panjang. Diperkirakan panjang pisang ini kurang lebih 15 sampai 17 cm dengan diameter 42 mm. Pisang ambon lumut ditutupi menggunakan kulit yang tebal.
Pisang ambon lumut mempunyai nilai tersendiri yaitu warna kulit buah tidak berubah seperti biasanya. Mungkin di beberapa jenis pisang akan menguning ketika buah mulai matang, tetapi pisang ini akan tetap berwarna hijau sama sampai berubah menjadi matang.
Pisang ini juga mempunyai ciri khas yang mengeluarkan aroma sedap setelah buah berubah menjadi matang. Di dalam buah pisang ambon lumut tidak menyimpan biji sehingga orang pada biasanya membolehkan pisang raja lumut untuk dikonsumsi anak-anak.



9. Pisang Kepok
Pisang kepok berkulit cukup tebal. Ketika buah sudah mulai matang daging buah berwarna krem dari warna asalnya yaitu putih.
Pisang kepok memiliki keunikan tersendiri yaitu pisang selalu berwarna hijau disaat muda dan matangnya.
Hanya saja, pada saat matang pisang ini baru bisa diolah menjadi makanan, seperti biasanya pisang kepok ini bisa rebus dan bisa juga digoreng. Selain itu Pisang kepok juga bisa diolah menjadi bahan utama dalam pembuatan kue dan juga bolu.
Keunggulan pisang kepok ini adalah pisang tersebut mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh diantaranya adalah mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan.


10. Pisang Nangka

Jenis pisang nangka yang paling banyak peminatnya terutama untuk wilayah Malaysia dan Indonesia. Jika di lihat secara jelas, pisang nangka dengan tekstur buah yang cukup tebal.
Yang menjadi keunggulan pada pisang ini adalah ketika buah tersebut disimpan secara terus menertus di sebuah ruangan tanpa cahaya, kulit pisang nangka akan berubah menjadi warna kuning. Namun jika disentuh buah akan terasa lembek.
Pisang nangka rasanya juga manis sama halnya dengan pisang yang lainnya. Namun, pisang ini akan berasa kecut walau aroma pisang ini cukup wangi.
Dalam satu tandan buah pisang ini terdiri dari 14-24 buah. Jangka panen pisang nangka tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Diperkirakan pisang akan panen setelah berumur 138 hari.


11. Pisang Tanduk

Pisang tanduk memiliki nama panggilan yang berbeda-beda di negara ASEAN. Di Thailand pisang tanduk dipanggil dengan nama Kluai Nga Chang, lain halnya di Philiphina, warga philiphina biasa menyebutnya dengan nama Tindok.
Sebagian negara di dunia mengutamakan pisang tanduk sebagai sajian makanan yang utama diantaranya, India sebelah utara timur dan tengah.
Pisang tanduk mempunyai ukuran panjang hingga 25-35 cm dan berdiameter 6-7 cm. Pada tiap sikatnya terdiri dari 10-15 buah mencapai berat hingga 7-10 kg. Jenis pisang tanduk ini kurang nikmat jika dinikmati langsung. Akan tetapi akan lebih enak jika dimakan setelah diolah.



12. Pisang Ambon Kuning

Pisang ambon kuning mempunyai ukuran yang cukup besar dan bentuk buah membengkok keatas. Kulitnya berukuran sedang (tidak terlalu tebal dan tipis) dan dagingnya berubah menjadi warna kuning putih sedikit kemerahan setelah matang.
Rasa pada buah pisang ambon kuning cukup manis dan aroma wangi membuat pisang  ini disajikan untuk makanan penutup. Pada tiap sisirnya pisang ini dapat menghasilkan 129 buah.






16. Pisang Tongkat Langit

Pisang tongkat langit dapat Anda temukan di daerah Maluku. Salah satu keunikan pisang ini yaitu tangkainya yang mencakar langit. Setelah pisang mulai matang akan memancarkan warna buah berwarna merah jingga, inilah yang membuat uniknya pisang tongkat langit.
Pada umumnya pisang tongkat langit dimanfaatkan untuk ramuan obat, karena menurut mereka dapat mencegah penyakit kuning Berat.
Berat satu tandan pisang tongkat langit berkisar antara 1,2 kg pertandannya dengan panjang mencapai 20 cm dan berdiameter 13 cm.


itulah jenis jenis pisang yang ada di tana air kita. mari kita slalu jaga anugrah tuhan yang telah ia berikan kepada kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUAH - BUAHAN BESERTA NEGARA ASALNYA